Info:

Mengenal Jenis Kain Katun


Jenis kain yang biasa digunakan untuk produksi kaos:


Katun / Cotton (combed 20s, 24s, 30s) 
Bahan katun combed atau dalam bahasa Inggrisnya Cotton Combed terbuat murni 100% dari serat kapas alami. Bahan combed berkarakteristik memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok dipakai di Negara tropis seperti Indonesia. Kain Combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata sehingga penampilannya akan menjadi lebih halus , rata dan rapih. Dan yang terdapat dipasaran sendiri ada bahan combed 20's, 24's, 30's, 40's. Maksud dari angka tersebut tipe benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain.
  • •    Benang 20S Biasanya dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos atara 180 sampai dengan 220 Gram/Meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt.
  • •    Benang 24S Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 170 sampai dengan 210 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt.
  • •    Benang 30S Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 140 sampai dengan 160 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 210 sampai dengan 230 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knitt.
  • •    Benang 40 S Biasa dipakai apabila kita menghendaki ketebalan atau gramasi bahan kaos antara 110 sampai dengan 120 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 180 sampai dengan 200 Gram / meter persegi untuk jenis rajutan Double Knit.   

CARDET (20s, 30s)
Dibandingkan dengan kain combed , katun cardet memiliki serat benang yang kurang halus. Kain cardet merupakan kain KW1 nya kain combed sehingga Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata. karena harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan cotton cardet sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, misalnya untuk kaos pabrik, seragam buruh, dan juga kaos oblong olahraga.

Polyester / PE

Polyester sesuai namanya, merupakan bahan serat sintetis yang terbuat dari bahan ester (dalam hal ini hasil sampingan minyak buni dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly). Kain jenis ini lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat.

TC (TETERON COTTON)
Seiring dengan kemajuan teknologi, terpengaruh juga teknologi pengolahan bahan kain. Banyak bahan kain hasil dari penggabungan katun dan Polyester, salah satunya adalah TC. Jenis bahan ini merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. TC ini seperti PE, terasas panas ketika memakainya karena kurang bisa menyerap keringat. Namun kelebihannya bahan ini lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar meski sudah lama dipakai.

VISCOSE

Viscose biasa juga disebut rayon. Sebuah bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia) yang biasa digunakan sebagai bahan kain. Teksturnya memiliki kesamaan dengan tekstur kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut dibanding kapas. Namun kain ini terkesan mewah, sehingga harganya mahal dan jarang tersedia di pasaran.

Cotton Viscose / CVC

Jenis bahan kaos ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

HYGET
Jenis bahan ini terbuat dari plastic dan sangat tipis, oleh karena itu harganya sangat murah. Namun bahan ini, bisa dibilang kurang layak dan nyaman untuk dijadikan kaos. Biasanya pembuatan kaos dengan bahan ini dilakukan jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak. Bahan ini banyak digunakan untuk keperluan kampanye atau biasa disebut kaos partai.
Share this article :

+ comments + 4 comments

18 March 2015 at 02:04

Terimakasih atas share ilmu nya. Kini makin tahu tentang jenis katun 30s 24s. katun kombed paling halus dan adem dipakai.

Salam kenal

12 May 2016 at 01:40

Thanks for sharing.. Butuh bahan kain katun berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

6 February 2017 at 22:11

kami menjual grosir kaos polos dengan kualitas yang oke nih..kunjungi website kami di http://www.kaosyes.com

8 November 2020 at 17:38

Hai sis, thanks for sharing. Jika sedang butuh bahan kain katun dengan kualitas baik dan harga yang murah. . Silahkan bisa mengunjungi situs fitinline. Thanks!

Post a Comment

Cetak Kaos Murah

 
Support : Creating Website | Template | Cetak Kaos Murah
Copyright © 2011. Cetak Kaos Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger